Peristiwa Lengkong

Tahukah Anda bahwa di tengah-tengah cluster-cluster mewah yang ada di BSDCity terdapat sebuah lokasi yang mengandung makna penting di dalam sejarah republik ini karena pada tempat tersebut tepatnya di desa Lengkong Wetan Serpong pada 25 Januari 1946 pernah terjadi sebuah peristiwa heroik yang telah merenggut 34 nyawa putra terbaik bangsa termasuk beberapa perwira pejuang yang dua di antara korbannya yaitu Letnan Soebianto Djojohadikoesoemo dan taruna R.M. Soejono Djojohadikoesoemo adalah paman dari Letjen TNI (purn) Prabowo Subianto. Peristiwa ini sering dikenal dengan "Pertempuran Lengkong 25 Januari 1946".

Peristiwa Lengkong menjadi salah satu bukti kongkret bahwa kemerdekaan Indonesia diperoleh atas ridho Ilahi melalui perjuangan gigih dan tetesan darah. Oleh karena itu tanggal 25 Januari ini telah ditetapkan oleh KSAD TNI-AD sebagai Hari Bakti Taruna.

Nah pada tanggal 25 Januari 2009 besok, akan dilaksanakan upacara Peringatan Peristiwa Pertempuran Lengkong ke-63 yang diadakan di Taman Makam Pahlawan Taruna Tangerang (TMPTT) dan Monumen Daan Mogot di BSD City. Semoga dengan terlaksananya kegiatan ini yang didukung PT BSD dapat membangkitkan rasa nasionalisme dan kecintaan pada bangsa Indonesia.

Bagi yang ingin tahu peristiwa tersebut lebih detail dapat membacanya di http://thomy265.wordpress.com/2008/01/04/peristiwa-heroik-lengkong/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Nomor Telepon Penting BSDCity

BSD Junction Nasibmu Kini...

Pusat Layanan Servis Resmi Produk Elektronik (Service Center) khusus Tangerang dan Sekitarnya